AlJannatulFirdaus

Cetusan Rasa Islam dan Hiburan

TAFSIR : HIJAB

Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh Alllah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat(An-Nur:30)..


Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangan mereka, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya(auratnya), kecuali yang(biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya(auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka,atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara-saudara laki-lakii mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama islam) mereka, atau hamba sehaya yang mereka miliki, atau pelayan laki-laki tua yang tidak mempunyai keinginan terhadap perempuan, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung(An-Nur:31)..

Dan apabila dikatakan kepada mereka, "Sujudlah kepada Yang Maha Pengasih", mereka menjawab, "Siapakah Yang Maha Pengasih itu? Apakah kami harus sujud kepada Allah yang engkau (Muhammad) perintahkan kepada kami (bersujud kepada-Nya)?" Dan mereka makin jauh lari (dari kebenaran)(An-Nur:60)..

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah-rumah Nabi kecuali jika kamu diizinkan untuk makan tanpa menunggu waktu masak (makanannya),687; ayat ini melarang sahabat masuk ke rumah Rasullullah untuk makan sambil menunggu-nunggu waktu makan Rasullullah) tetapi jika kamu dipanggil, maka masuklah dan apabila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa memperpanjangkan percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mengganggu Nabi sehingga dia (Nabi) malu kepadamu (untuk menyuruhmu keluar), dan Allah tidak malu(menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. (Cara) yang demikian itu lebih suci dari hatimu dan hati mereka. dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasullullah, dan tidak boleh kamu menikahi isteri-isterinya selama-lamanya setelah (Nabi wafat). Sungguh yang demikian itu sangat besar (dosanya) di sisi Allah(Al-Ahzab:53)..

Tidak ada dosa atas isteri-isteri Nabi (untuk berjumpa tanpa tabir) dengan bapak-bapak mereka, anak laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara perempuan mereka, perempuan-perempuan mereka(yang beriman), dan hamba sehaya yang mereka miliki, dan bertakwalah kamu (isteri-isteri Nabi) kepada Allah. Sungguh Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu(Al-Ahzab:55)..

Wahai Nabi! Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri mukmin,"Hendaklah mereka menutup jilbabnya, 690;jilbab ialah sejenis tudung & baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, wajah dan dada) keseluruh tubuh mereka". Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang( Al-Ahzab:59)..

ASBABUN NUZUL AYAT 59
Aisyah ra. memaparkan bahawa peristiwa ini terjadi setelah turunnya ayat HIJAB. Suatu saat, Saudah ra. salah satu isteri Rasulullah saw. keluar rumah untuk suatu urusan.Umar bin Khaththab ra. melihat Saudah ra. bertanya,"Mengapa kau keluar rumah?". saudah ra. bergegas pulang. Ia menemui Rasulullah saw. dan berkata, " Rasulullah, aku keluar rumah untuk suatu urusan. Namun Umar bin Khaththab menegurku". Atas hal itu, turunlah ayat ini. Lalu rasulullah saw. bersabda, "Sesungguhnya Allah telah mengizinkan kamu keluar rumah untuk suatu urusan".(HR.Bukhari)..


Ruby Bee
Sumber : Tafsir Qur'an Per Kata oleh Dr.Ahmad Hatta, MA


0 Komentar untuk "TAFSIR : HIJAB"

RESEPI DARI CIK BEE

 
Copyright © 2014 AlJannatulFirdaus - All Rights Reserved
Template By Catatan Info